Ngga Tau atau Lupa

Oleh : Hierly Hidayat


“Dan ini masalah jelas men! Didepan mata. Dan ini bukan ulah zionizt!”



Penduduk yang menduduki Indonesia ituuu.... buuaaaanyyaaaaaak bangetttz. Wong penduduknya aja lebih dari 230 juta jiwa!!! Walah, gimana ya ngatur penduduk sebanyak itu? Mungkin presiden kalo pake line emoticon nya pasti termenung sambil tangan nyangga kepala terus diatas kepalanya ada putera – puteran gitu. Yaa, ngaturnya. Lha orang tua kita ngatur dua anak aja pusing, gimana mau ngatur 230 juta orang! Walaaaahhhh!!! 

Udah penduduknya banyak banget, macem-macem juga sukunya lagi..hufftt, tambah pusing kan? Apalagi kayanya sekarang ini sebagian besar, walaupun ga tau pasti berapa persentasenya, pokoknya yang pasti banyaklah, itu udah pada pragmatis dan kalkulatif. Pragmatis dan kalkulatifnya misalnya, pada seneng yang praktis-praktis, yang instant-instant, kadang kalo mikir apa-apa bisa dibeli, kalo belum bisa beli, yaa disitu kalkulatifnya main! Kalo ga pake yang KW 1 yaa KW 2 atau malah KW 9? Heuheuheuheu...

Katanya di zaman globalisasi ini semua harus serba cepat! Alon – alon asal kelakon udah engga berlaku men! Nah, untuk itu alat transportasi ada. Awalnya kan alat transportasi diciptakan biar manusia itu gampang kalo mau kemana-mana, gampang kalo mau apa aja. Tapi anehnya, semakin kesini alat transportasi itu jadi macem-macem jenisnya. Motor aja ada yang bebek, ada yang sport, yang matic juga ada. Mobil lebih banyak lagi, ada SUV, MPV, sedan, hatcback, pokoknya macem-macemlah. Awalnya cuma buat transportasi, tapi sekarang, yang katanya udah masuk zaman postmodern itu, pola konsumsinya udah berubah, masalah kesan, atau citra yang muncul dari produk itu, yaa itu yang ditonjolkan. (Baudrillard:1970:20).

Kalo kata Baudrillard nih, filsuf postmo yang terkenal itu. Konsumsi dilakukan karena adanya tekanan psikologis dan sosial. Contoh nih, kita menikmati barang merk tertentu seakan menjadi bagian dari masyarakat yang dihadirkan kembali oleh merk tersebut. Apalagi di Indonesia yang kalo orang punya mobil itu suatu prestise sendiri, baru mobil lho yaa, belum masalah jenis-jenis mobilnya! Ini sudah klop banget sama postmodern sekarang ini.

Apalagi kaya yang saya bilang diatas, sekarang masyarakat udah pada pragmatis dan kalkulatif, apalagi orang yang kaya gitu tuh sebagian besar dari 230 juta orang lebih! Masalah ngatur mengatur jadi kendala tersendiri. Masalah kendaraan bermotor aja nih, udah berapa tuh yang berseliweran diatas jalan, baik yang beraspal maupun yang belum beraspal? Itung aja sendiri coba! Ngeliatnya aja pusing apalagi ngitungnya. Ditambah lagi masalah ekonomi politik dibelakang pabrikan kendaraan bermotor itu. Kata Haryatmoko nih, dosen pascasarjana filsafat dan pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia, hukum pembaharuan barang adalah distinction. Apa itu? Gampangannya disitu secara diam-diam mengatur konsumsi yang penyebaran konsumsi memanfaatkan media massa. Jadi, pilihan konsumen adalah bentuk penerimaan gaya hidup masyarakat. Hal tersebut menjadi nilai sosial yang berlaku. Sehingga konsumsi dapat berperan sebagai ideologi. ciyeeeh bahasannya, heuheuheu..

Ekonomi politik sama budaya postmodern sekarang ini, plus pragmatis dan kalkulatifnya masyarakat saat ini diliat enak betul yaa. Bikin mata berbintang – bintang. Kendaraan bermotor aja nih, orang yang punya duit pakenya mobil atau motor yang mantep, yang bikin nengok semua orang kalo lagi jalan. Kalo yang duitnya pas-pasan yaa pake yang medium aja gapapa, yang penting memenuhi kriteria minimal lah. Nah, kalo yang duitnya cekak yaa motor bebek dulu gapapa dong, yang penting bisa kemana-mana gampang. Wong angkutan kotanya aja juga ga bener kok, makanya pada agak males naik angkot, soalnya kalo mau yang enak pun bayar angkotnya agak mahal. Karena itu juga tuh, pasar kita bagus buat main-main si pemilik modal. Kendaraan saking banyaknya sampe jalan penuh, ga nyaman, orang jadi males jalan kaki, pada mau pake kendaraan semua, karenanya itupun bikin udara jadi tercemar. Ambil kasus aja nih, di Banyumas sendiri menurut  BPS Kabupaten, pada tahun 2010 terdapat 57.685 unit sepeda motor dan 2701 unit mobil, dan berdasar data dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Banyumas pada 2011, ada 175.367 kendaraan, 85% diantaranya motor, sisanya kendaraan roda empat. Kasat Lantas Polres Banyumas AKP Chalid Mawardi mengatakan pada 2011 setiap bulan rata-rata jumlah kendaraan baru di Banyumas bertambah sekitar 500 mobil, dan 2500 motor. Jumlahnya terus bertambah setiap tahunnya. Data ini real lho, diambil dari suaramerdeka.com.

Kendaraan semakin banyak bukannya orang – orang kita kaya semua sebenarnya. Liat aja tuh sistem kredit kendaraan motor di negeri kita ini. Pergi ke dealer motor ngasih duit 800 ribu plus KTP aja udah bisa pulang bawa motor. Gimana engga yang punya motor semakin banyak. Aturan dari pemerintah mau dibikin seketat legging pun tetep masih bisa dibikin bolong. Apa sih yang ga bisa dikerjain mereka? Pinter apa licik tuh mereka?

Gara-gara banyak yang berseliweran di jalanan itu, jadi banyak yang dikorbanin. Salah satunya trotoar. Kendaraan bermotor udah banyak, biar ga macet kan jalan dilebarin, nah jadinya trotoar disempitin, atau malah ilang trotoarnya. Jadinya pejalan kaki jadi korban juga kan kalo gitu. Bener – bener mempertaruhkan nyawa tuh kalo jalan kaki di pinggir jalan hari ini. Ambil contoh aja jalan Kampus di Grendeng ini. Apa jangan – jangan emang dibikin gitu ya? Biar pada takut jalan kaki terus pada beli kendaraan deh. Jadi untung deh mereka. Pinter apa licik tuh mereka?

Polusinya juga belum dipikirin kan? Walaupun polusi udara ini kayanya cuma angin lalu aja, tapi ingat lho berapa banyaknya kendaraan yang lalu lalang itu? Pertama sih paling jadi panas cuacanya, tapi kalo dibiarin yaa lama-lama ozonnya bisa bolong!

Haduh, pusing. Runyam banget kan tuh masalah ini. Dan ini masalah jelas men! Didepan mata. Dan ini bukan ulah zionizt! Ekonomi politik dibelakang layar ini nih, juga budaya postmodern sekarang ini yang masyarakatnya jadi pragmatis dan kalkulatif, masyarakat Indonesia 230 juta lebih lho.. kebayang gak sih akibatnya gimana buat negara kita? Purwokerto gimana? Unsoed Fisip? 

Komentar